5 Pantai Bak Surga Yang Ada Di Kabupaten Kebumen

Apakah kamu punya rencana berlibur tapi terhambat karena pandemi COVID-19 ? Pengin bikin rencana baru setelah karantina tapi minim bujet ? Indonesia yang kaya akan pesona alamnya, membuat daya tarik tersendiri bagi para traveller untuk berkunjung. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam saja, namun para pengunjung juga mendapatkan kepuasan batin.

Berikut adapun lima rekomendasi surga dunia low budget di Kabupaten Kebumen yang wajib dikunjungi para traveller.

1. Pantai Karang Agung

Pantai ini terletak di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai Karang Agung termasuk dalam jenis pantai tebing di mana terdapat batu karang yang menjadi salah satu icon pantai ini. Lokasinya yang cukup jauh dari Kota Kebumen, membuat pantai ini belum banyak dikenal wisatawan. Jarak tempuh untuk sampai ke Pantai Karang Agung dari Kota Kebumen yakni 44 km dan 50 km dari Kota Cilacap.
5 Pantai Bak Surga Yang Ada Di Kabupaten Kebumen
Untuk dapat sampai ke Pantai Karang Agung kamu harus cukup ekstra hati-hati, karena akses jalan menuju pintu masuk cukup ekstrem. Lokasinya yang merupakan pantai tebing, membuat kamu harus menempuh jalan menanjak dan berkelok untuk menuju Pantai Karang Agung.

Keberadaan pantai yang belum dikenal wisatawan membuat lokasinya masih terjaga akan keasriannya. Pengelolaan daerah wisata Pantai Karang Agung yang masih dikelola masyarakat sekitar, membuat fasilitas umum penunjang belum sangat memadai. Salah satunya akses jalan masuk menuju pantai. Jarak yang perlu ditempuh wisatawan dari pintu masuk yakni 1,2 km dengan berjalan kaki.

Tiket masuk Pantai Karang Agung ini sangat terjangkau, yakni Rp5.000 untuk satu kendaraan bermotor (tahun 2019). Walaupun fasilitas wisata belum memadai, namun deburan ombak dan hempasan angin pantai yang akan membuat kamu terlena.

2. Pantai Menganti

Pantai Menganti merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kebumen. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Karang Agung yakni sekitar 5,8 km. Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Lain halnya dengan Pantai Karang Agung, Pantai Menganti memiliki beberapa fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung para wisatawan yakni lahan parkir yang dekat dengan bibir pantai, saung atau pendopo, rumah makan seafood, mobil keliling, dan sebagainya.

Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dari hasil remahan kerang dan terumbu karang. Harga tiket masuk cukup terjangkau, yakni Rp15.000-25.000 per orang (tahun 2020).

Harga tiket masuk sudah termasuk biaya parkir dan mendapatkan fasilitas saung atau pendopo secara gratis. Menu seafood yang dijual masih sangat fresh, yakni dari hasil para nelayan yang melaut. Harga makanan yang ditawarkan cukup terjangkau. Misalnya saja menu lobster saus asam manis dengan nasi diberi harga Rp120.000 untuk porsi 3-4 orang. Selain dapat menyantap hasil tangkapan laut yang segar, pengunjung juga dapat menikmatinya sambil memandangi Pantai Menganti secara langsung dari pendopo.

3. Pantai Logending

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Pasalnya Pantai Logending ini memiliki berbagai macam hiburan lainnya, seperti toko pernak pernik, sewa kapal motor, penyewaan kuda, dan masih banyak lainnya.

Pantai Logending terletak di Kecamatan Ayah, lokasinya cukup berdekatan dengan Pantai Karang Agung, yakni sekitar 3 km. Tiket masuk Pantai Logending ini dikenakan tarif Rp5.000. Walaupun biaya masuk sangat terjangkau, namun harga tersebut tidak termasuk dengan fasilitas lainnya.

Pantai Logending juga memiliki tebing yang biasa disebut karang bolong oleh masyarakat sekitar. Tebing tersebut memiliki ciri khas tersendiri, yakni terdapat semacam gua kecil akibat dari hasil abrasi air laut.

4. Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran merupakan salah satu pantai yang terselip di antara tebing besar di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kebumen. Keberadaan Pantai Gebyuran berada di sebelah tenggara Pantai Pasir yang berjarak kurang lebih 800 m.

Pantai ini termasuk pantai kecil yang panjangnya hanya 100 m saja. Letaknya yang terpencil dan aksesnya sulit dijangkau membuat tidak banyak yang ingin berkunjung ke pantai ini. Walaupun Pantai Gebyuran belum banyak dikunjungi wisatawan, justru membuat kondisi pantai ini menjadi sangat alami.

Pantai Gebyuran juga memiliki daya tarik tersendiri, yakni pantainya membentuk cekungan layaknya gua. Gua pada Pantai Gebyuran dihiasi dengan stalaktit yang terus meneteskan air dari atas permukaan gua. Buat kamu yang butuh suasana pantai sekaligus bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit, kamu cukup membayar biaya masuk sebesar Rp5.000 saja.

Pantai Gebyuran cocok banget nih buat kamu yang suka adrenalin karena untuk dapat menikmati keindahan alamnya kamu butuh perjuangan dulu.

5. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron merupakan salah satu deretan pantai tebing lainnya di Kabupaten Kebumen yang terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah. Posisinya terletak di sebelah timur Pantai Menganti dengan berjarak kurang lebih 6 km.

Pantai Pecaron juga dikelilingi oleh tebing tinggi dengan ditumbuhi deretan pohon kelapa yang rindang. Pantai ini juga sebagai muara bagi Daerah Aliran Sungai (DAS) Srati, di mana hulu sungainya berada di Desa Argosari. Lain halnya dengan Pantai Menganti, warna pasir dari Pantai Pecaron cenderung hitam yang dipengaruhi dari aktivitas Sungai Srati.

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Pecaron, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp5000. Walaupun harga yang ditawarkan sangat terjangkau, namun tidak semua wisatawan tahu keberadaan Pantai Pecaron. Jadi pantai ini cocok banget nih buat kamu yang butuh suasana tenang, sunyi, dan ingin melakukan relaksasi diri.

Buat kamu yang pencinta suasana pantai tentunya sudah gak sabar kan buat merasakan travelling lagi dengan bujet tipis? Bagi kamu yang butuh suasana pantai di Kebumen, pastinya salah satu pantai ini bisa masuk ke wishlist kamu. Kira-kira mana nih lokasi wisata yang bakal kamu kunjungi untuk pertama kali setelah pandemi COVID-19 mereda?

No comments

Powered by Blogger.