5 Destinasi Wisata Malam Jongno-gu Korea Selatan

Jongno-gu dikenal sebagai wajah dan jantung Korea karena perannya yang penting dalam politik, ekonomi, budaya, dan sejarah sebagai ibu kota. Jongno-gu adalah rumah bagi para raja terdahulu tinggal dan bekerja, misalnya seperti Istana Gyeongbok, Istana Changdeok , Changgyeonggung, dan Istana Unhyeon. Tempat tinggal presiden Korea Selatan saat ini, Cheongwadae , juga terletak di Jongno-gu.

Dengan nilai sejarah dan kekayaan budaya, Jongno-gu banyak menarik perhatian pengunjung. Selain istana-istana para raja, berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Jongno-gu yang bisa dikunjungi.

1. Cheonggyecheon Stream

Cheonggye Plaza secara kasar mencakup area seluas 2.500 meter persegi dan terletak di titik awal Cheonggyecheon Stream. Alun-alun dibuat berdasarkan desain bojagi Korea (kain pembungkus berwarna-warni), menampilkan keindahan elegan dari batu tradisional yang penuh warna dan halus.

Di plaza juga terdapat plakat yang memberikan penjelasan terperinci tentang 22 jembatan yang membentang di sungai, serta sejumlah air mancur anggun yang membuat suasana semakin indah. Pemerintah Metropolitan Seoul menetapkan daerah ini sebagai zona bebas kendaraan pada hari libur dan menyediakan lebih banyak ruang rekreasi bagi pejalan kaki.

2. Seoul Lantern Festival

Masih di kawasan Cheonggyecheon Stream, setiap bulan November ada festival tahunan bernama Seoul Lantern Festival. Dimulai sejak tahun 2009, Seoul Lantern Festival diadakan tiap bulan November tepatnya hari Jumat pertama hingga hari Minggu ketiga November.

Pengunjung dapat melihat berbagai jenis lentera di sepanjang Cheonggyecheon Stream mulai dari Cheonggye Plaza dan Jembatan Supyogyo. Setiap tahun festival ini menampilkan konsep yang berbeda-beda. Tahun lalu konsep yang ditampilkan adalah karakter dari dongeng tradisional.

3. Bugak Skyway Palgakjeong Pavilion
5 Destinasi Wisata Malam Jongno-gu Korea Selatan
 Bugak Skyway Palgakjeong Pavilion memancarkan keindahan yang tenang dan tenteram terlepas dari musim apa pun. Paviliun yang dibangun dengan gaya tradisional Korea ini terletak di area Bugaksan seluas 1.652.900 m² dan berada di ketinggian 345 m. Di sini para pengunjung dapat menemukan Madang tradisional (sebutan untuk halaman yang berada di tengah-tengah bangunan rumah), viewing area, resting area, observatorium, area untuk berjalan kaki, kafe, snack bar, restoran, dll.

4. Naksan Park

Dalam upaya untuk menyelamatkan kawasan hijau yang tersisa, Naksan ditetapkan sebagai taman pada 10 Juni 2002. Terletak di pusat kota Seoul, taman bersejarah dan indah ini memungkinkan para pengunjung untuk melihat keindahan seluruh kota. Di sini para pengunjung dapat menikmati fasilitas hiburan seperti jalur pendakian (1.010m), jalur penemuan sejarah (935m), pertanian Hongdeogibat, dek observasi, lapangan bulu tangkis, lapangan basket, ruang pameran, taman bermain, toko serba ada, dan paviliun. Taman ini juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting serial drama, salah satunya serial drama Strong Woman Do Bong Soon yang dibintangi oleh Park Bo-Young.

5. Gwangjang Market

Pasar Gwangjang adalah pasar permanen pertama di Korea dan terus berkembang sebagai tujuan wisata populer saat ini. Lantai kedua pasar dipenuhi dengan toko-toko kain sutra, satin, dan linen, yang merupakan terbesar dan paling terkenal di Seoul.

Selain itu, para pengunjung juga dapat menemukan berbagai macam jenis kuliner, seperti bindae-tteok (Korean pancake yang terbuat dari kacang hijau, biasanya ditambahkan sayuran dan daging), gimbap, hotteok, tteokbokki, dan sannakji (gurita hidup yang dicincang). Itulah beberapa destinasi wisata malam yang bisa dikunjungi di Jongno-gu, Seoul. Kamu tertarik mengunjungi yang mana nih?

No comments

Powered by Blogger.